Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan khas Bangka Belitung – Sebagian besar makanan khas Bangka Belitung sangat identik dengan olahan berbagai produk laut. Bagi vegetarian, jangan khawatir, masyarakat Bangka Belitung juga memiliki olahan hasil perkebunan yang tidak kalah sedap.

Makanan Tradisional Khas Bangka Belitung

Inilah makanan tradisional khas Bangka Belitung yang selalu membuat para penikmatnya ketagihan:

1. Mie Belitung

Dinamakan belitung karena menu kuliner berbahan dasar mie kuning ini berasal dari Pulau Belitung. Termasuk salah satu makanan khas Belitung yang biasa dimakan bersama lauk dan kuah kaldu panas supaya lebih mantap.

Kuahnya sendiri terbuat dari olahan udang yang dicampur bawang putih, jahe, bawang merah dan merica. Lauk yang dihidangkan berupa taburan emping, kentang rebus, timun dan produk laut yaitu udang.

2. Berego

Berego merupakan kuliner yang bentuknya mirip dengan lontong, tapi terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Sebagai kuliner khas Bangka Belitung, maka sudah pasti dihidangkan dengan produk laut.

Selain dengan kuah kari ikan, berego juga biasa disantap dengan mie belitung, gangan dan lakse.

3. Lempah Kuning

Makanan khas Bangka Belitung lempah kuning masuk dalam Cagar Budaya Nasional Tak Benda. Bahan dasarnya bisa menggunakan ikan tenggiri atau ikan kakap merah yang disiram dengan kuah kening.

Bumbu kuah kuning ini terdiri dari kunyit, terasi, cabai dan bahan rempah lain yang akan menambah kelezatan ikan.

4. Otak-Otak Bangka

Panganan tradisional yang enak ini terbuat dari campuran daging ikan tenggiri segar yang dicocol dengan sambal tauco. Daging ikan akan digiling dan ditambah tepung tapioka, tepung sagu, telur dan santan.

Aroma khas daun pisang sebagai pembungkus akan menambah kenikmatan dari otak-otak bangka. Selain tauco, Bangka juga punya jenis saus lainnya seperti sambal terasi dengan perasan jeruk nipis serta saus sambal asam.

Baca juga: Makanan Khas Padang

5. Jongkong

Inilah kue basah khas Belitung yang memiliki rasa manis gurih dengan tekstur lembut dan beraroma pandan. Terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan pandan dan lapisan putih yang dibuat dengan cara diblender lalu dimasak secara terpisah.

Setelah dimasukkan cetakan, kue akan disiram dengan saus gula untuk rasa yang lebih manis. Kue tradisional ini biasa dinikmati ketika sudah dingin di siang hari supaya lebih segar.

6. Lempah Darat

Jika lempah kuning lebih didominasi produk laut, maka sesuai namanya, lempah darat menggunakan lebih banyak sayuran. Kuliner pamungkas khas Bangka yang begitu populer ini terbuat dari beberapa hasil perkebunan Bangka.

Contohnya seperti pepaya muda, akar keladi, pucuk idat, belacan, talas dan sayuran di darat yang masih muda lainnya. Menu serba sayuran dengan rasa pedas gurih ini sekilas tampilannya hampir sama seperti kuah asam.

7. Mie Bangka

Masakan pulau Bangka ini menggunakan mie basah kuning sebagai bahan dasarnya. Disajikan dengan siraman kuah untuk disantap dengan potongan ayam kecap, babi cincang, seafood dan ikan lain sesuai selera.

Termasuk kuahnya yang juga terbuat dari berbagai campuran seafood sehingga membuat rasanya lebih lezat. Campuran produk hasil laut tersebut yang menjadi ciri khas mie Bangka Belitung ini.

8. Pantiaw

Penduduk biasa menyajikan pantiaw dengan dua cara yaitu yang menggunakan tepung beras atau tepung gandum. Berbentuk seperti mie gepeng dengan warna putih seperti susu dan bertekstur kenyal.

Biasa disantap dalam keadaan kering maupun basah bersama bumbu ikan giling yang dicampur rempah. Dalam penyajiannya, pantiaw akan diberi taburan bawang goreng sehingga rasanya lebih gurih dan enak.

Sudah terbayangkan bagaimana kelezatan makanan khas Bangka Belitung yang tidak akan kamu temukan di daerah lain. Jika sudah mencoba, kamu akan dibuat ketagihan untuk membawanya pulang.