Makanan Khas Jambi

Skpmania – Jambi merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatra yang punya segudang kuliner lezat. Mulai dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup semuanya sangat khas dan nikmat. Bila ingin mengunjungi Jambi, berikut beberapa makanan khas Jambi yang wajib Anda coba.

Makanan Khas Jambi paling wajib dicoba

Ciri khas makanan khas Jambi biasanya kaya akan bumbu dan bahan utamanya adalah ikan. Nah, berikut ini 5 makanan asal daerah Jambi mulai dari yang berbahan dasar ikan hingga mie:

1. Tempoyak

Bila umumnya buah durian dimakan secara langsung tanpa diolah, di Jambi ada makanan khas yang terbuat dari durian namun dibuat mirip sambal. Ya, makanan khas Jambi tersebut dikenal dengan sebutan Tempoyak.

Tempoyak Jambi adalah kuliner berbahan dasar utama daging durian yang diberi cabai merah dan garam. Kemudian, campuran durian dan bumbu tersebut difermentasi hingga tujuh hari lamanya.

Makanan ini memiliki rasa yang unik dan aroma yang khas. Tempoyak menjadi salah satu kuliner favorit yang wajib ada oleh Daftar Agen Bola Terpercaya.

Biasanya, tempoyak disajikan dengan ikan patin atau ikan lainnya yang kemudian diberi bumbu tambahan. Rasa tempoyak semakin nikmat bila disajikan dengan nasi hangat.

2. Daging Masak Hitam

Rekomendasi makanan khas Jambi yang perlu Anda coba adalah Daging Masak Hitam. Bila dilihat secara sekilas, kuliner ini terlihat seperti semur daging karena warnanya yang hitam dan kuahnya yang kental.

Akan tetapi, Daging Masak Hitam sedikit berbeda dengan semur daging biasanya lho!

Seperti dengan namanya, kuliner ini terbuat dari daging sapi sebagai bahan utamanya. Lalu dimasak dengan kelapa sangrai, berbagai bumbu dan rempah-rempah hingga benar-benar meresap ke dalam daging.

Daging Masak Hitam memiliki rasa gurih dan manis yang sangat menggugah selera. Dagingnya yang empuk pasti membuat Anda ketagihan mencobanya.

3. Nasi Gemuk

Bila Jakarta memiliki Nasi Uduk, maka Jambi memiliki Nasi Gemuk yang menjadi kecintaan warga sekitar. Sama dengan Nasi Uduk, Nasi Gemuk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan pandan yang disajikan dengan beberapa lauk.

Lauk yang biasanya dihidangkan pada Nasi Gemuk diantaranya telur rebus utuh, potongan timun, telur dadar yang diiris tipis, tempe kering, kacang tanah goreng dan bumbu khas.

Seiring berkembangnya zaman, banyak para penjual Nasi Gemuk menambahkan variasi lauk lainnya seperti kari dan suwiran daging sapi atau ayam. Selain itu, Nasi Gemuk juga disajikan dengan kerupuk yang renyah.

Rasa Nasi Gemuk bisa dikatakan sama dengan Nasi Uduk yakni gurih dan bercampur rasa lauk lainnya. Umumnya, Nasi Gemuk dimakan pada pagi hari sebagai sarapan.

4. Gulai Tepek Ikan

Makanan khas Jambi selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Gulai Tepek Ikan. Kuliner ini terbuat dari berbagai ikan tawar dengan kuah santan yang kental.

Umumnya Gulai Tepek Ikan menggunakan ikan tenggiri, gabus dan berida. Kemudian ikan-ikan tersebut di “tepek-tepek” atau dipipihkan sesuai dengan namanya.

Gulai Tepek Ikan sama seperti dengan pempek Palembang tetapi berkuah gulai. Rasa ikannya yang kenyal dan kuah gulai yang gurih membuat masakan ini sangat nikmat.

Menu ini sering disajikan pada acara pernikahan atau kenduri. Anda wajib mencoba Gulai Tepek Ikan saat berkunjung di Jambi!

5. Mie Celor

Rekomendasi makanan khas Jambi terakhir yang bisa kamu coba adalah Mie Celor. Kuliner ini sangat terkenal dan mudah ditemukan di berbagai sudut kota Jambi.

Mie Celor adalah Mie berkuah santan yang diberi irisan daging ayam dan sayuran sebagai pelengkap. Rasa mienya yang lembut dan kuahnya yang gurih bisa membuat Anda tergila-gila.

Itu tadi 5 rekomendasi makanan khas Jambi yang patut Anda coba. Kira-kira makanan mana yang paling menarik perhatianmu?