4 Makanan Khas Padang Terpopuler Yang ENAK

Padang merupakan salah satu kota yang terdapat di Pulau Sumatera dan menjadi ibu kota provinsi Sumatera Barat. Wilayah dengan luas 694,96 km dengan jumlah penduduk 927.168 orang ini memiliki tempat wisata alam yang indah dan makanan khas yang bermacam macam.

Makanan Khas Padang

Siapa yang tidak tahu masakan padang? Di setiap daerah di Indonesia ada warung makan nasi padang, entah itu berbentuk restoran maupun rumah makan biasa. Masakan Padang memang terkenal lezat dan memiliki cita rasa tinggi dari dulu. Contoh menu di rumah makan Padang yang terlaris dan seluruh dicari orang adalah sate padang, rendang, dendeng, dan masih banyak lainnya. Berikut penjelasan makanan khas Padang selengkapnya.

  1. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Padang yang sempat masuk ke dalam makanan paling enak di dunia. Rendang berbahan dasar daging yang menggunakan bumbu yang memberikan rasa gurih, pedas, dan sedikit manis. Biasanya orang asli Padang membuat rendang dengan rasa yang pedas, sedangkan orang Jawa lebih cenderung manis namun tetap ada rasa pedasnya sedikit.

Selain itu, rendang juga sering dimasak ketika hari raya idul fitri dan idul adha, karena rendang sangat nikmat apabila dikombinasikan dengan ketupat dan sayur pepaya. Untuk membuat rendang, kamu harus menyiapkan bahan bahan seperti daging sapi, daun serai, daun kunyit, daun jeruk nipis, santan, asam gelugur, jinten, pala, garam, lengkuas, kunyit bakar, ketumbar, jahe bakar, cabai merah, kemiri, bawang putih dan bawang merah.

Untuk memasak rendang agar empuk kamu harus mengikuti beberapa tips, seperti menggunakan bagian daging sapi yang tepat, cara mengolah yang benar, menggunakan takaran bumbu yang benar, menggunakan santan sesuai dengan kebutuhan, memasak dengan apiu kecil, dan mengaduk rendang secepatnya.

  1. Sate Padang

Selain dijual di rumah makan, sate padang juga dijual oleh gerobak keliling. Ada beberapa macam sate padang sesuai dengan bahan yang digunakan, ada yang menggunakan kulit sapi, daging sapi, daging ayam, ampela, dan ceker ayam. Yang membuat beda sate padang dibanding sate lainnya adalah sate padang tidak menggunakan bumbu kacang, tetapi menggunakan bumbu dari rempah rempah yang berwarna kuning dan memiliki wangi yang kuat dan rasa yang gurih dan pedas.

Untuk memakan sate padang biasanya dilengkapi dengan lontong agar kenyang. Untuk membuat sate padang kamu harus menyiapkan daging sapi atau lidah sapi atau daging ayam atau ampela atau ceker ayam, tepung beras yang dilarutkan air, bawang merah gore, daun kunyit, serai, daun jeruk, kapulaga, cengkeh, bunga lawang, kayu manis, minyak, air, dan garam.

Selain itu haluskan bawang merah, bawang putih, pala, cabe merah keriting, ketumbar, jahe, jinten, lengkuas, merica, dan kunyit bakar.

  1. Dendeng

Dendeng adalah makanan khas Padang yang terbuat dari daging sapi yang memiliki tekstur lebih keras dari rendang. Untuk membuat dendeng, daging sapi hanya ditumis dan digoreng saja, namun sebelumnya daging sapi telah dijemur sampai kering. Sebelum dijemur, daging tersebut telah diberi bumbu terlebih dahulu supaya lebih awet dan bumbu telah meresap ke dalam daging.

  1. Ikan Asam Padeh

Ikan asam padeh merupakan makanan dari Padang yang terbuat dari ikan asam padeh, berbeda dengan makanan sebelumnya, masakan ikan asam padeh ini tidak menggunakan santan, ikan asam padeh menggunakan kemiri yang dibuat menjadi kuah. Ikan yang digunakan untuk memasak adalah ikan tongkol, bandeng, atau cakalang. Rasa yang diberikan ikan asam padeh ini adalah gurih, asam, dan pedas. Cocok sekali untuk pemain IDN Poker