4 Makanan Khas Sumatera Utara Yang Sangat Enak

Sumatera Utara merupakan bagian utara dari Pulau Sumatera yang mayoritas masyarakatnya Suku Batak. Ibu kota Sumatera Utara adalah Medan. Selain Medan, juga banyak kota lainnya yang mempunyai makanan khas yang unik.

Makanan Khas Sumatera Utara

Ciri dari makanan khas Sumatera Utara adalah menggunakan bahan dasar daging, ikan, buah andaliman, dan menggunakan kuah. Yang membuat makanan khas Sumatera Utara makin terkenal adalah, karena banyak orang sana yang merantau. Sehingga banyak rumah makan di kota kota besar pulau lain yang menyediakan makanan khas Sumatera Utara.

  1. Bika Ambon

Bika Ambon merupakan makanan khas Sumatera Utara yang unik, karena mempunyai nama dari daerah lain. Walaupun namanya Bika Ambon, namun makanan ini bukan berasal dari Ambon, melainkan dari Medan. Bika Ambon merupakan kue khas Medan yang sering kita jumpai di pinggir jalan dan pasar.

Untuk membuat bika ambon yang khas caranya cukup ribet. Bahan bahan untuk membuat bika ambon adalah kuning telur, santan, gula, tepung, air nira kelapa. Yang membuat ribet adalah kamu harus menggunakan santan dari pohon kelapa pinggir pantai dan telur ayam yang baru menetas 1 hari, serta melakukan fermentasi menggunakan aiar nira sekitar 7 jam. Setelah adonan melewati semua proses tadi, baru dimasukkan ke dalam oven sekitar 1 jam.

  1. Anyang Pakis

Anyang pakis merupakan makanan khas Sumatera Utara yang menggunakan tanaman pakis atau paku sebagai bahan dasarnya. Makanan ini berasal dari Asahan, Sumatera Utara. Sebenarnya anyang pakis mirip dengan urap yang ada di Jawa, namun yang membedakannya adalah anyang pakis mengggunakan kelapa yang sudah disangrai.

Bahan bahan untuk membuat anyang pakis adalah tanaman pakis atau paku, kelapa yang sudah disangrai, bawang merah, ketumbar, serai, dan daun jeruk. Biasanya anyang pakis juga dilengkapi dengan kacang panjang, daun pepaya, dan toge. Untuk membeli anyang pakis langsung dari Sumatera Utara, kamu bisa pergi ke Jalan Rivai dan Jalan Imam Bonjol.

  1. Bihun Bebek

Bihun Bebek merupakan makanan khas medan yang menggunakan daging bebek. Salah satu tempat yang terkenal dengan masakan bihun bebek di Medan adalah Bihun Bebek Asie, disana bihun bebek ini dijual dengan harga Rp. 60.000. Itu merupakan harga termahal masakan bihun bebek di Medan. Cara penyajian bihun bebek ini adalah daging bebek dicampur dengan bihun dan diberikan kuah yang menggunakan bumbu khas.

Bahan yang digunakan untuk membuat bihun adalah kanji yang dicampur dengan beras, setelah itu dimasak dan diberikan kaldu bebek yang tanpa lemak dan minyak. Setelah itu tambahkan daging bebek yang sudah matang dan di suwir suwir serta diberi taburan kucai untuk penghias. Rasa dari bihun bebek khas Sumatera Utara ini sangat lezat serta gurih dan asam.

  1. Sayur Gurih Tauco

Dari namanya saja pasti kita tahu kalau makanan khas Sumatera Utara yang satu ini memiliki rasa yang gurih serta menggunakan tauco di dalam olahannya. Untuk membuat sayur gurih tauco kamu harus menyiapkan rempah rempah seperti lengkuas, jahe, serai, caai giling, cabai merah, dan cabai hijau untuk bumbu. Untuk bahan utamanya bisa menggunakan daging sapi rebus atau udang, serta kuahnya menggunakan garam, merica, dan santan. Makanan ini cocok ditambahkan dengan nasi, ketupat, atau lontong.

Itu dia makanan khas Sumatera Utara yang harus kamu coba dari situs slot online Indonesia.