5 Makanan Khas Aceh Yang Memiliki Rasa Lezat

Skpmania – Aceh merupakan provinsi paling ujung barat Indonesia. Aceh dikenal juga dengan sebutan Serambi Mekah. Aceh juga memiliki sejarah yang panjang, dari mulai zaman kerajaan, zaman penjajahan, dan memiliki segudang kebudayaan yang harus dijaga.

Makanan Khas Aceh

Walaupun Provinsi Aceh pernah dilanda musibah bencana alam tsunami, namun Aceh berhasil bangkit dan berkembang dari peristiwa tersebut. Aceh juga memiliki tempat wisata dengan pemandangan alam yang mempesona, baik pantai maupun gunungnya. Selain mempunyai sejarah, kebudayaan, dan tempat wisata, Aceh juga memiliki banyak makanan dan minuman khas Aceh yang memanjakan lidah. Berikut daftar makanan khas Aceh yang harus dicoba.

  1. Mie Aceh

Mie Aceh merupakan salah satu makanan khas Aceh yang sangat terkenal. Saking terkenalnya, Indomie membuatkan rasa khusus, yaitu Indomie Aceh. Mie Aceh memiliki rasa yang pedas dan gurih yang sangat lezat, selain itu mie aceh ada 2 versi, yaitu mie aceh goreng dan mie aceh kuah.

Topping yang digunakan dalam mie aceh juga bermacam macam, mulai dari daging, sayur sayuran, sampai seafood. Warung makan atau restoran yang menyediakan mie aceh juga sudah tersebar hampir se Indonesia, namun tetap saja jika kamu penasaran dengan versi aslinya silahkan langsung berkunjung ke Aceh.

  1. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U merupakan makanan khas aceh yang menggunakan santan yang berasal dari Aceh Barat. Makanan ini adalah makanan tradisional khas Aceh yang masih terus hits sampai saat ini, karena Kuah Pliek U dilambangkan sebagai tanda kekerabatan dan keberagaman masyarakat di Aceh.

Jika kamu pertama kali melihat makanan kuah pliek u ini pastinya akan mengira ini adalah gulai, padahal beda. Kuah pliek u menggunakan sayur sayuran dan menggunakan bumbu yang dibuat dari sisa kelapa yang minyaknya sudah diperas, lalu dijemur. Aroma dan rasa dari kuah pliek u tidak perlu diragukan. Masyarakat pesisir timur Aceh menjadikan kuah pliek u makanan sehari hari.

  1. Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek merupakan makanan Aceh yang menggunakan kuah dan bumbu rempah rempah yang sangat menggoda selera. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kuah sie itek ini adalah daging bebek. Kuah Sie Itek mempunyai 2 varian, yaitu kuah sie itek masak putih dan kuah sie itek masak merah.

Bisa dibilang kuah sie itek masak putih mirip dengan opor, yang memiliki rasa tidak pedas dan warna pucat. Sedangkan kuah sie itek masak merah, mempunyai rasa pedas dan warna yang merah dari cabe merah.

  1. Ayam Tangkap

Ayam tangkap merupakan makanan khas Aceh Darussalam yang menggunakan bahan dasar ayam yang diberikan daun teumuru dan cabe hijau. Ayam tangkap memiliki rasa yang sangat enak sehingga banyak diburu oleh pecinta kuliner.

Ayam tangkap juga sering disebut ayam tsunami, karena penyajiannya. Cara penyajian ayam tangkap adalah ayam dipotong kecil kecil dan ditutupi dengan daun teumuru dan diberikan bawang goreng dan mempunyai kesan berantakan seperti tsunami yang pernah melanda Aceh.

  1. Boh Rom Rom Aceh

Selain mempunyai masakan yang gurih dan pedas, ada juga makanan khas aceh yang memiliki rasa manis, yaitu Boh Rom Rom Aceh. Boh Rom Rom Aceh dibuat dari tepung ketan, gula merah, air, dan garam yang dibalut dengan parutan kelapa.

Itu dia 5 makanan khas Aceh yang harus kamu coba. Jangan sampai melewatkan makanan tersebut ketika mengunjungi Aceh.